italia u21

Dalam lanjutan semifinal Piala Eropa U-21, Italia sukses melaju ke babak final usai mengalahkan Timnas Belanda, dengan skor tipis 1-0. Pertandingan yang berlangsung di Stadion Hamoshava, Minggu (16 Juni) dini hari, berlangsung sangat seru dan menegangkan.

Satu-satunya gol pada pertandingan tersebut dicetak oleh Fabio Borini dimenit-menit akhir jelang Injury Time. Berikut jalannya pertandingan antara Italia U-21 vs Belanda U-21, yang berhasil kami rangkum.

Pertandingan antara Italia vs Belanda berlangsung seru sejak menit-menit awal pertandingan. Di menit ke-5, Belanda memperoleh peluang lewat eksekusi tendangan bebas, menyusul handball yang dilakukan oleh pemain Italia. Adam Maher yang menjadi eksekutor gagal mencetak gol, usai tendangannya hanya membentur mistar gawang.

Jalannya babak pertama dikuasai oleh Tim Oranje Belanda. Belanda menguasai lini tengah permaianan, yang dimotori Gelandang mereka Kevin Strootman dan Marco van Ginkel. Sedangkan Italia mengadalkan serangan balik dan solidnya lini pertahanan mereka.

Italia sempat mendapatkan pelaung lewat serangan balik cepat. Memanfaatkan umpan Lorenzo Insigne, Ciro Immobile melepaskan tendangan terukur ke arah gawang Belanda. Namun tendangan Insigne berhasil ditepis kiper Belanda Jeroen Zoet.

Kedua tim saling bertukar serangan, namun skor 0-0 tetap bertahan hingga babak pertama usai.

Jalannya babak kedua masih dikuasai oleh Belanda, namun Tim Oranje masih susah menembus pertahanan Italia. Belanda mendapatkan peluang emas lewat Luke de Jong yang bekerja sama Van Ginkel, namun peluang tersebut berhasil di antisipasi kiper Italia Francesco Bardi.

Petaka bagi Belanda hadir dimenit ke 78. Keasikan menyerang, Belanda justru kecolongan lewat gol Fabio Borrini. Memanfaatkan umpan terobosan Insigne, pemain Liverpool ini dengan cermat menempatkan bola yang tak mampu dijangkau Jeroen Zoet. Italia pun unggul 1-0.

Belanda mencoba mengejar ketertinggalan dengan memasukan amunisi baru dilini depan, dengan menarik keluar Daley Blind dan memasukan Leroy Fer. Namun upaya demi upaya yang dilakukan, tidak mampu menembus pertahanan Italia yang begitu kokoh. Skor 1-0 pun bertahan hingga babak kedua usai.

Dengan hasil ini, Italia berhak maju ke babak Final Euro U-21 menantang sang Juara bertahan Timnas Spanyol, yang pada pertandinggan sebelumnya berhasil mengalahkan Timnas Norwegia dengan skor 3-0.