Jadwal: Jepang-Meksiko, Estadio Mineirao, Belo Horizonte, Sabtu 22 Juni 16.00 (waktu setempat)

timnas meksiko

Peluang mereka maju ke tahap berikutnya sudah berakhir, Jepang dan Meksiko kini tengah mempersiapkan melakoni laga terakhir mereka di ajang Piala Konfederasi FIFA Brasil 2013. Target mereka saat ini adalah menghindari finis di posisi terbawah klasemen.

Walau di pertandingan sebelumnya kalah 3-4 dari Italia, Jepang menampilkan performa yang luar biasa. Bahkan banyak orang menilai bahwa Jepang sama sekali tak pantas kalah. Nah sekarang tantangan mereka adalah memperlihatkan performa yang sama kala berhadapan dengan Meksiko besok.

Sementara di kubu Meksiko nampaknya telah kehilangan kepercayaan diri setelah di pertandingan pertama kalah 0-3 dari sang tuan rumah Brasil. Demi menyelamatkan muka mereka di mata Internasional, pelatih Jose Manuel de la Torre meminta para pemainnya untuk berusaha mengalahkan sang juara Asia tersebut.

Dilihat dari head to head kedua tim, Meksiko lebih unggul dibandingkan dengan Jepang. Meksiko hanya menelan sekali kekalahan yakni pada tahun 1996, kala itu mereka tunduk dengan skor ketat 2-3.
Setelah kekalahan tersebut, El Tri berhasil menang 2-1 pada 1998, 1-0 pada 2000 dan 2-1 pada tahun 2005, dengan hasil terakhir juga diraih di Piala Konfederasi FIFA.
“Apapun hasil melawan Jepang, saya tak akan kehilangan dukungan dari para pemain maupun bos di FA Meksiko. Demi kebanggaan kami, kami benar-benar ingin memenangkan permainan ini. Kami tidak ingin pulang tanpa poin, terutama karena tujuan kami [untuk kompetisi ini] telah begitu berbeda, ” ujar Jose Manuel de la Torre.