rasisme milan vs roma
Tak hanya dihiasi dua kartu merah, pertandingan antara AC Milan melawan AS Roma juga diwarnai dengan insiden buruk lainnya. Aksi rasis pendukung Giallorossi menyebabkan laga giornata ke 37 tersebut dihentikan.

Adalah pemain tengah Il Diavolo, Sulley Muntari, mengawali kartu merah pertama di pertandingan yang dilangsungkan di San Siro, Senin (13/5/2013) dinihari WIB, usai memprotes keras wasit yang memimpin pertandingan, Gianluca Rocchi.

Il Capitano Roma, Francesco Totti, menambah lagi daftar pemain yang dikartu merah setelah sengaja menyikut bek Rossoneri, Philippe Mexes, di penghujung laga. Pertandingan antara Milan kontra Roma sendiri berakhir imbang tanpa gol.

Teriakan bernada rasisme dilontarkan oleh para fans Roma juga menjadi kejadian buruk lainnya yang terjadi di San Siro. Babak kedua yang baru berjalan dua menit, Rocci pun memutuskan untuk menghentikan sejenak pertandingan setelah terjadi aksi rasis tersebut.

Dalam peraturan Liga Italia, memang wasit memiliki kewenangan untuk menghentikan pertandingan jika ada suatu tindakan rasis di suatu laga.

Kala pertandingan ditunda sementara, Totti menyuruh para pendukung Roma untuk menghentikan aksi tersebut. Pengumuman juga dilakukan agar tindakan rasial itu dihentikan. Setelah berhenti selama tiga menit, pertandingan pun kembali dilanjutkan.

Bagi Milan sendiri aksi pelecehan rasial bukanlah yang pertama kalinya. Sebelumnya ada Mario Balotelli yang mendapat olok-olok bernada rasial di derby Milan, Februari lalu. Belum lama ini aksi rasial juga menimpa Kevin Prince Boateng kala melakoni laga ujicoba kontra Pro Patria, Januari lalu.